Laboratorium Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi

Sejarah
Perkembangan Laboratorium Perancangan Sistem Kerja & Ergonomi (LPSK&E) – ITB tidak terlepas dari sejarah terbentuknya Jurusan Teknik Industri itu sendiri. Jurusan Teknik Industri – ITB berdiri pada tahun 1971 yang dipelopori oleh Prof. Matthias Aroef. Dalam awal berdirinya terdapat pemikiran untuk melengkapi pengetahuan teknik para mahasiswa dengan membekali mereka dengan dasar-dasar Teknik Industri yang diwujudkan dalam bentuk pembuatan laboratorium Teknik Industri. Dalam laboratorium ini para mahasiswa belajar tentang konsep-konsep Teknik Industri khususnya bidang tata cara kerja. laboratorium inilah yang kemudian menjadi cikal bakal munculnya Laboratorium Teknik Tata Cara [1978].

Sejalan dengan semakin berkembangnya keilmuan bidang Teknik Tata Cara yang antara lain mencakup bidang Ergonomi/ Human Factor maka semakin besar pula lingkup kajian dalam Laboratorium Tata Cara Kerja.Perkembangan ini menjadikan dasar utama perubahan nama menjadi Laboratorium Analisis dan Perancangan Kerja & Ergonomi (LAPK&E) pada tahun 1987. Akhirnya pada tahun 1994 dengan masuknya konsep-konsep perancangan sistem kerja ala Jepang, process reengineering, dan sebagainya, maka lab ini berubah nama menjadi Laboratorium Perancangan Sistem Kerja & Ergonomi (LPSK&E).Pada masa sekarang dan arah ke depannya program-program LPSK&E dititikberatkan pada aktualisasi Tridharma Perguruan Tinggi, yakni Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian Masyarakat. Program ini terutama ditujukan untuk mewujudkan visi lab untuk menjadi acuan dan laboratorium terdepan di kawasan Asia-Pasifik dalam bidang-bidang advanced system maupun yang konvensional.

Bidang Kajian
Dengan fasilitas yang terdapat di Laboratorium Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi, 5 orang staf dosen (satu orang diantaranya tengah menjalankan studi S3 di Amerika Serikat) dibantu sejumlah 15-20 orang asisten menjalankan aktifitas-aktifitas audio visual untuk mendukung perkuliahan-perkuliahan Perancangan Sistem Kerja & Ergonomi, Ergonomi Industri, Sistem Manusia-Mesin, Perancangan Lingkungan Kerja, Biomekanika Kerja dan Ergonomi Makro baik untuk jenjang S1 maupun S2. Kegiatan praktikum yang merupakan bagian integral dari kurikulum TI-ITB juga diselenggarakan laboratorium ini.

Lebih jauh lagi aktivitas-aktivitas penelitian dan pengembangan dijalankan dan menghasilkan sejumlah karya termasuk diantaranya dua rancangan produk yang memperoleh hak paten. Lab PSKE juga pernah mendapat kepercayaan internasional untuk melakukan penelitian Ergonomi Kognitif dari perusahaan multinasional Honeywell pada tahun 2000.

Kegiatan pengabdian pada masyarakat dijalankan staf laboratorium ini bekerja sama dengan instansi pemerintah seperti dengan Departemen Kesehatan RI dalam perumusan Keputusan Presiden tentang Perlindungan Kesehatan Kerja. Demikian pula dengan Departemen Pertanian RI dalam rangka pengembangan sistem sertifikasi alat-alat dan mesin pertanian di Indonesia. Juga dengan Pemerintah Daerah Tingkat I / Provinsi Jawa Barat dalam perancangan sistem kerja-sistem kerja ergonomik bagi industri kecil di Sumedang, Purwakarta, dan Sukabumi. Kerja sama dengan dunia industri untuk perancangan sistem-sistem kerja dan pelatihan-pelatihan ergonomi dijalankan diantaranya dengan PT Kaltim Prima Coal dan PT Badak NGL. Dengan berbagai perguruan LPSKE banyak bekerja sama terutama dalam pelatihan-pelatihan bagi dosen-dosen muda dan pengembangan Lab. PSKE.

Fasilitas
Fasilitas yang dimiliki oleh Laboratorium Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi saat ini antara lain perangkat simulasi sistem kerja produksi (mesin-mesin perkakas, konveyor, meja kerja, dll.), perangkat studi gerakan dan pengukuran waktu, alat-alat ukur lingkungan fisik, alat-alat ukur fisiologis, biomekanik dan psikologi serta climatic chamber (dalam proses pembuatan). Dilengkapi pula dengan perpustakaan yang berisi buku-buku tentang perancangan sistem kerja dan ergonomi.

Kontak
Laboratorium Perancangan Sistem Kerja dan Ergonomi
Gedung Laboratorium Teknologi III – Lantai 3
Jl. Ganesha 10, Bandung 40132
Telp: (022) 2508124


Switch to our mobile site