KU2071

KU2071 PANCASILA AND CIVIC EDUCATION
Credits: 2 Course Coordinator:  
Contact hours:

 

Two  hour class sessions each week Instructor(s):  
Textbook(s) and other supplemental materials 1.      Manheim, Karl, Ideologi dan Utopi: Menyingkap Kaitan Pikiran dan Politik, diterjemahkan oleh Drs. F. Budi Hardiman, Kanisius, Yogyakarta, 1991

2.      Kaelan, M.S., 2000,Pendidikan Pancasila, Paradigma, Yogyakarta

3.      Suseno, Franz-Magnis, 1991, Berfilsafat dari Konteks, Gramedia, Jakarta

4.      Budiman, Arief, 1996, Teori Negara: Negara Kekuasaan dan Ideologi, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta

5.      ———-Catatan Kuliah Kewarganegaraan, Penerbit ITB, 1999

6.      Karsono, Dedi, 1999, Kewiraan: Tinjauan Sosiologis dalam Berbangsa dan Bernegara, Grasindo.Jakarta

7.      Amal Ichlasul &Armawi, Armaidy, 1996, Keterbukaan Informasi dan Ketahanan Nasional, Gajahmada University Press

Course information Mahasiwa mendapatkan materi pemahaman identitas bangsa, Visi Bangsa, Negara, Konstitusi, Demokrasi, Ketahanan  Nasional dan Ketahanan Regional
The subject will discuss the nation building, vision of the nation, state, constitution, democracy, nation building and region building
Pre-requisite

·         N/A

Co-requisite

·         N/A

Required Course
Learning outcomes Mahasiswa mampu menegakkan kehidupan bermasyarakat dan bernegara yg elegan dan menyenangkan, menerapkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, menyampaikan pendapat dengan sopan dan efektif untuk perbaikan hidup berbangsa dan bernegara, cinta tanah air, memiliki rasa nasionalisme yang tinggi serta memiliki semangat untuk membela negara, rela menyumbangkan pemikiran, ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimilikinya untuk peningkatan kualitas hidup berbangsa dan bernegara, memahami sejarah perjuangan bangsa sebagai tonggak bagi upaya mengisi kemerdekaan dengan peradaban (ilmu pengetahuan dan teknologi) menuju kejayaan bangsa, berpartisipasi aktif dalam melakukan evaluasi, kritik dan pengontrolan terhadap pemerintahan
Students are able to enforce the life of society and state which is elegant and enjoyable, applying the values of Pancasila in public life, expressing opinions politely and effectively for the improvement of national and state life, high sense of belonging to the homeland, has a high sense of nationalism and a passion to defend the country, willing to contribute ideas, science and technology to improve the quality of life of nation and state, to understand the history of the nation as a milestone for efforts to complete independence with civilization (science and technology) towards the glory of the nation, actively participate in the evaluation, criticism and control of government
Student Outcomes a b c d e f g h i j k
          R          

 

Lecture/Lab Topics Covered

Week Topics
1 Guidelines
2 The Nation Building
3 Vision of the Nation
4 State
5 Constitution
6 Democracy
7 Human Rights
8 Mid Test
9-10 Nation Building
11 Region Building
12-15 Presentation
16 Final Test