Program Studi S2 Teknik Manajemen Industri

Sejarah Program Studi Magister Teknik Industri dan Manajemen, Institut Teknologi Bandung (dari titik ini ke depan, IE & M-ITB mengacu pada Program Studi Magister Teknik dan Manajemen Industri, Institut Teknologi Bandung) dimulai pada tahun 1978. Program Studi Master ini perpanjangan dari Program Sarjana Studi Teknik Industri (IE) yang secara resmi berdiri pada tahun 1971.

IE & M memiliki dua jenis mahasiswa, yaitu, mahasiswa biasa dan mahasiswa jalur cepat. siswa jalur cepat yang merupakan mahasiswa dari program sarjana Teknik Industri (IE) dan Manajemen Rekayasa (EM) ITB. Sebelum memasuki ke IE & M, setiap siswa jalur cepat mengambil IE & program M mulai dari 6 sampai 12 kredit. Kemudian, setelah masuk ke IE & M, kursus ini diakui.

IE & M memiliki 5 jalur konsentrasi: (1) Sistem Manufaktur, (2) Ergonomi dan Rekayasa Kinerja, (3) Manajemen Industri, (4) Sistem Informasi Enterprise, dan (5) Sistem Industri dan Rantai Suplai. Kurikulum IE & M terdiri dari 36 sks, yaitu 21 sks mata kuliah wajib dan 15 sks mata kuliah pilihan. Semua mahasiswa wajib untuk mengambil mata kuliah wajib dan dapat memilih mata kuliah lain sebagai mata kuliah pilihan berdasarkan jalur konsentrasi.

Saat ini, IE & M memiliki lima program dual-derajat dengan mitra universitas asing, yaitu, Hiroshima University Jepang, National Chiao Tung University Taiwan, Taiwan Universitas Nasional Sains dan Teknologi Taiwan, Chung Yuan Christian Taiwan University, Ecole des Mines de Nantes France.