Ergonomi, Rekayasa Kerja dan Keselamatan Kerja – Program Studi S2 Teknik Manajemen Industri

Jalur konsentrasi Ergonomi dan rekayasa kinerja merupakan jalur yang menjadi pemimpin dalam keilmuan dan penelitian berkaitan dengan ergonomi, produktivitas dan keselamatan kerja. Ergonomi didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang bersangkutan dengan pemahaman dasar interaksi antara manusia dan unsur-unsur lain dari sistem dengan memanfaatkan teori, prinsip, data dan metode rekayasa  untuk mengoptimalkan well-being manusia dan kinerja sistem secara keseluruhan. Area dalam jalur konsentrasi Ergonomi dan rekayasa kinerja meliputi  teori dan aplikasi ergonomi, metode kerja, rekayasa sistem, dan rekayasa keselamatan kerja yang berhubungan dengan peralatan, tempat kerja, dan perancangan serta evaluasi sistem secara keseluruhan  (Gambar 1).
area_keahlian_kk_erk3

Gambar 1. Area keahlian jalur konsentrasi Ergonomi dan Rekayasa kinerja

Visi dan Misi

  • Visi

Menjadi pusat pembelajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dan industri, dalam bidang ergonomi, rekayasa kerja, dan keselamatan kerja.

  • Misi
  1. Mewujudkan proses pendidikan dan pengajaran di bidang ergonomi, rekayasa kerja dan keselamatan kerja.
  2. Melaksanakan penelitian dasar dan terapan di bidang ergonomi, rekayasa kerja dan keselamatan kerja.
  3. Berperan serta secara aktif dalam pengabdian pada masyarakat.

Penelitian dan pengembangan yang dilakukan jalur konsentrasi Ergonomi dan rekayasa kinerja menitikberatkan pada perancangan kerja, mesin, proses, dan lingkungan sehingga sesuai dengan kemampuan dan keterbatasan manusia. Jalur konsentrasi Ergonomi dan rekayasa kinerja bekerjasama dengan akademisi dan kalangan industri dalam menerapkan pengetahuan tentang performansi manusia dalam proses perancangan dan rekayasa sistem, yang meliputi area sebagai berikut :

  • Rekayasa sistem kerja dan kinerja
  • Industrial ergonomics
  • Cognitive ergonomics
  • System safety and human error
  • Organizational and socio cultural ergonomics

Prospek Karir

Lulusan jalur konsentrasi Ergonomi dan Rekayasa kinerja diharapkan memiliki kompetensi sebagai berikut :

  1. Memahami proses perancangan dan evaluasi sistem kerja, produk, dan kinerja
  2. Memahami dan mampu mengaplikasikan konsep ergonomi dalam rekayasa sistem kerja
  3. Memahami dan mampu mengaplikasikan konsep safety dan human error dalam peningkatan produktivitas

Alumnus jalur konsentrasi Ergonomi dan Rekayasa kinerja akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang banyak dibutuhkan di industri, jasa konsultansi, penelitian, dan pemerintahan, antara lain dalam bidang: rekayasa sistem, rekayasa produktivitas, safety, dan perancangan produk baik pada lingkup nasional, namun juga internasional.