Manajemen Industri – Program Studi S2 Teknik Manajemen Industri

Disiplin Ilmu Manajemen Industri

Pilihan Bidang Konsentrasi Manajemen Industri pada Program Studi Pascasarjana Teknik Manajemen Industri ITB  merupakan bidang keilmuan yang mencakup aktivitas perancangan, pengembangan, implementasi, dan perbaikan sistem perusahaan industri terpadu, yang meliputi manusia, mesin, material, informasi, energi, dan lingkungan dengan menggunakan pengetahuan dan kemampuan matematika, fisika, dan ilmu sosial, bersama dengan penerapan prinsip metode perancangan dan analisis teknik untuk merumuskan spesifikasi, prediksi, dan evaluasi hasil yang dihasilkan oleh sistem perusahaan.

revolusi_industri

Gambar 1 Revolusi Industri

Gambar 1 di atas menggambarkan perkembangan revolusi industri. Revolusi industri pertama dimulai dengan penemuan mesin uap dan mekanisasi fasilitas produksi. Revolusi industri kedua ditandai dengan penggunaan listrik pada proses produksi massal. Seiring dengan perkembangan bidang elektronik dan teknologi informasi, revolusi industri ketiga muncul dengan menggunakan peralatan elektronik dan teknologi informasi untuk mengotomasi proses produksi. Kemudian, Revolusi Industri empat mengintegrasikan internet dalam proses produksi dan bisnis, dengan konsep Internet of things, system integration, autonomous robots, additive manufacturing, cloud computing, augmented reality, big data, cyber security, dan simulation.

Ruang Lingkup Manajemen Industri

higher_value_added_creation

Perkembangan teknologi mendorong industri untuk memberi nilai tambah dari produk yang ditawarkan untuk dapat memenangkan persaingan.  Fokus dari industri saat ini tidak lagi hanya pada komoditas dan produk, namun sudah menawarkan jasa serta pengetahuan dan pengalaman sebagai competitive advantage dari perusahaan. Pemanfaatan perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) menjadi alat bantu untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi perusahaan dalam meningkatkan daya saing perusahaan industri.

Bidang konsentrasi Manajemen Industri memfokuskan area penelitian pada upaya optimasi pemanfaatan informasi pada sistem perusahaan, yang meliputi fungsi perancangan dan pengembangan produk dan jasa, pemasaran, sumber daya manusia, organisasi, keuangan dan invetsasi, serta kewirausahaan dan pengembangan usaha baru, untuk menghasilkan rancangan sistem perusahaan terintegrasi untuk meningkatkan produktivitas organisasi.

Topik penelitian dalam jalur konsentrasi Manajemen Industri secara rinci dapat dilihat dalam Tabel berikut.

tabel

Prospek Karir

Lulusan bidang konsentrasi Manajemen Industri diharapkan memiliki kompetensi sebagai berikut :

  1. Memahami proses manajemen secara lengkap baik tingkat strategis maupun operasional dalam lingkup fungsi dan organisasi
  2. Mampu mengidentifikasi kebutuhan proses bisnis fungsi dan organisasi
  3. Mampu mengidentifikasi kebutuhan dan merancang sistem perusahaan dalam lingkup fungsi dan organisasi
  4. Memiliki jiwa kewirausahaan, baik di dalam (intrapreneurship) maupun di luar organisasi (entrepreneurship)

Dengan pengetahuan dan keterampilan tersebut, lulusan bidang konsentrasi Manajemen Industri memiliki peluang yang sangat luas dalam dunia industri terutama pada tingkat manajerial dan strategis. Selain itu, lulusan juga memiliki peluang untuk membuka usaha dan menciptakan lapangan pekerjaan di berbagai bidang, baik dalam industri produk maupun jasa.