Sistem Informasi Enterprise – Program Studi S2 Teknik Manajemen Industri

Disiplin Ilmu dan Spesialisasi Sistem Informasi Enterprise

Jalur konsentrasi Sistem Informasi Enterprise (SIE) memiliki ruang lingkup: 1) pengembangan rancangan dan perbaikan sistem enterprise yang terintegrasi dengan memanfaatkan teknologi informasi, 2) proses pengambilan keputusan dalam kegiatan perancangan dan perbaikan, integrasi, dan operasional enterprise.

Dalam siklus hidup sistem informasi, bidang SIE sangat berperan pada tahap analisis sistem, perencanaan, pendefinisian kebutuhan, perancangan, serta implementasi sistem. Pada tahapan desain, SIE fokus pada desain proses, desain model data serta desain user interface, yang sangat terkait dengan konteks bisnis proses perusahaan atau organisasi yang menggunakan sistem dan manusia sebagai pengguna sistem. Dalam mendukung proses pengambilan keputusan, SIE bekerja pada perancangan model keputusan serta perancangan Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang juga termasuk perancangan basis pengetahuan, data dan informasi, dengan kajian yang komprehensif yang juga melibatkan komponen pengguna sistem dan organisasi. Dalam tahap implementasi sistem, SIE fokus mengkaji bagaimana implementasi sistem terkait erat dengan pengelolaan perubahan dalam enterprise.

system_life_cycle

Systems life cycle (Whitten and Bentley, 2007)

Latar Belakang Sistem Informasi Enteprise

Teknologi informasi dapat berperan besar dalam mendukung integrasi proses bisnis, baik integrasi di dalam enterprise maupun integrasi yang melibatkan sejumlah enterprise. Hal mendasar dari SIE adalah platform teknologi yang dapat menyatukan informasi dari berbagai bagian menjadi satu informasi secara logikal, sehingga perusahaan atau organisasi mendapatkan informasi yang dibutuhkan dengan mudah.

Teknologi informasi juga berperan penting dalam mendukung pengambilan keputusan. Perkembangan teknologi informasi telah memungkinkan pengambilan keputusan dilakukan dengan lebih cepat dan cermat. Penggunaan komputer telah berkembang dari sekadar pengolahan data maupun penyajian informasi, menjadi mampu untuk menyediakan pilihan-pilihan sebagai pendukung pengambil keputusan.

Prospek Karir

Alumnus jalur konsentrasi SIE akan memiliki pengetahuan dan keterampilan yang banyak dibutuhkan di industri, jasa konsultansi, penelitian, dan pemerintahan, antara lain dalam bidang: perencanaan strategis, manajemen teknologi, pengembangan proses bisnis, teknologi informasi, dan lain-lain. Selain itu, alumnus juga memiliki peluang untuk mengembangkan start-up berbasis internet yang sejalan dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi. Kebutuhan terhadap ahli yang memahami peran teknologi informasi dalam kesuksesan enterprise serta mampu mewujudkan hal tersebut akan selalu meningkat. Peluang ini pun tidak terbatas pada lingkup nasional, namun juga internasional.