This is a single blog title

This is a single blog caption
25 Mar 2019

Sharing Mengelola Talent Millenials dari Blibli.com

/
Posted By
/
Categories

Program Studi Teknik Industri dan Manajemen Rekayasa ITB mengadakan seri seminar kapita selekta yang terdiri dari lima rangkaian seminar yang diisi oleh praktisi yang berasal dari beragam industri. Seminar Kapita selekta ini merupakan bagian dari kriteria pengembangan kurikulum berdasarkan standar akreditasi ABET (Accreditation Board of Engineering and Technology) pada bagian pembelajaran berkelanjutan. Seri Seminar Kapita Selekta yang dimulai pada semester II tahun ajaran 2018/2019 terdiri dari lima sesi tatap muka, yang masing-masing berlangsung selama dua jam. Perusahaan yang direncanakan menjadi narasumber pada semester ini adalah PT Global Digital Niaga (blibli.com), P&G Indonesia, PT Tokopedia, serta PT Telekomunikasi Indonesia, Tbk. Ditargetkan 85 orang mahasiswa tingkat tiga dan empat akan menjadi peserta pada kapita selekta ini.

Sesi pertama diadakan pada hari Jum’at, 22 Maret 2019, di Ruang Seminar Gedung Labtek III Matthias Aroef Teknik Industri. Praktisi yang berkesempatan untuk memberikan knowledge sharing adalah Bayu Sudjono, yang merupakan Vice President of Operation – Logistics and Warehouse PT Global Digital Niaga. Beliau membawakan tema Managing Talent in Millenials Era, yang sangat cocok dibawakan untuk mahasiswa yang termasuk generasi milenial dan sedang berada di tingkat akhir yang akan segera lulus.

Materi yang disampaikan beragam, mulai dari peluang dan potensi e-commerce di Indonesia, roadmap ­e-commerce yang diterapkan di perusahaan blibli.com, hingga keunggulan operasi yang diterapkan oleh platform blibli.com yang dapat dijadikan pelajaran bagi mahasiswa dan akademisi. Cerita bahwa dalam operasi sehari-hari blibli.com masih menerapkan metode service excellence, pareto 80/20, dan manajemen proyek merupakan salah satu hal yang relevan yang dipelajari oleh mahasiswa dan dapat diterapkan di dunia kerja. Banyak insight baru yang diperoleh peserta seminar terutama mengenai budaya kerja di perusahaan e-commerce yang dapat meningkatkan tingkat retensi generasi milenial di perusahaan.

Sesi tanya jawab pun berlangsung dinamis. Tak kurang dari 12 orang peserta seminar mengajukan pertanyaan yang menarik dan memantik diskusi dengan narasumber. Sesi sharing ditutup oleh Jocky, yang merupakan alumni Teknik Industri angkatan 2002, dan juga merupakan salah satu VP di blibli.com, yang menceritakan perjalanan karirnya hingga bergabung dengan PT Global Niaga Digital pada tahun 2011 dan membangunnya hingga menjadi salah satu e-commerce terbesar di Indonesia. Cerita alumni yang relevan dengan keadaan mahasiswa jurusan Teknik Industri dan Manajemen Rekayasa ini dapat memberikan motivasi dan semangat untuk dapat mengejar karir impian mereka ketika lulus nanti.

 

Penulis : Aditya Parama Setiaboedi

Editor    : Aldila Rizkiana