This is a single blog title

This is a single blog caption
18 Jun 2019

Strategi Raksasa FMCG Mendulang Emas Melalui E-Commerce

/
Posted By
/
Categories

E-Commerce merupakan istilah yang tidak asing di telinga kita. Namun tidak banyak yang benar-benar mengetahui gambaran e-commerce dengan detail. Hari Jum’at 29 Maret 2019, mahasiswa sarjana Teknik Industri (TI) dan Manajemen Rekayasa Industri (MRI) beruntung karena berkesempatan untuk hadir dalam Seri Seminar Kapita Selekta ke-2 perihal electronic commerce yang diisi oleh narasumber dari Proctor & Gamble (P&G), salah satu perusahaan Fast Moving Consumer Goods (FMGC) terbesar di dunia.

 

Sesi dibuka dengan penjabaran oleh Rene Alexander Wattimena, yang merupakan Senior Key Account Manager yang juga merupakan alumni Teknik Kimia ITB angkatan 2008, mengenai sejarah singkat P&G, produk yang dipasarkan, budaya & nilai (values) yang diterapkan di perusahaan, serta bagaimana perusahaan P&G dapat bertahan selama lebih dari 180 tahun. Mahasiswa yang menjadi peserta seminar dibuat haru dan tersentuh ketika ditayangkan kampanye P&G yang mengangkat isu kesetaraan gender dan inklusivitas karyawan yang viral dengan hashtag #LikeAGirl dan #WeeSeeEqual.

 

Alumni Teknik Industri yang berkesempatan untuk memberikan knowledge sharing berkenaan dengan aplikasi e-commerce dalam bisnis perusahaannya yakni Nadia Natalia (TI 2007), sebagai Head of E-Commerce. Tema materi yang dibawakan adalah Growing Business by Leveraging Insight in E-Commerce. Selama presentasi, Nadia membahas lengkap mengenai bagaimana strategi yang dilakukan P&G dalam memahami iklim bisnis e-commerce di Indonesia mulai dari fundamentals yang berhubungan dengan site traffic, conversion rate, average order value, hingga loyalty, serta bagaimana memanfaatkan beragam e-commerce yang dikenal masyarakat Indonesia untuk dapat mengakselerasi penjualan produk P&G secara digital dan memberikan kemudahan akses bagi seluruh konsumen di Indonesia.

 

Sesi seminar ditutup dengan presentasi mengenai iklim dan pengalaman kerja di lingkungan P&G oleh Dina Puspita Sari, alumni Fisika Teknik ITB angkatan 2014 yang memegang posisi Human Resource Associate Manager. Sharing dari Dina yang langsung menapaki level manajerial tak lama setelah wisuda menjadi sebuah inspirasi dan motivasi terutama bagi mahasiswa tingkat akhir yang sebentar lagi meninggalkan status mahasiswanya. Mahasiswa juga mendapatkan informasi mengenai peluang internship di P&G untuk menambah pengalaman profesionalnya.

 

Setelah pekan sebelumnya Seminar Kapita Selekta membahas mengenai e-commerce, materi yang didapatkan oleh mahasiswa pada sesi kali ini juga saling melengkapi karena bahasannya yang mengenai strategi memanfaatkan ­e-commerce sebagai salah satu sarana akselerasi bisnis. Dengan mengikuti rangkaian acara seminar & sharing ini diharapkan mahasiswa TI dan MRI dapat semakin kaya khazanah keilmuan dan memiliki semangat untuk terus menerus belajar (life-long learning).

 

Penulis                 : Aditya Parama Setiaboedi

Editor                    : Aldila Rizkiana