Engagement

BEASISWA DAN ALUMNI

 

ITB memiliki relasi dengan banyak institusi, beberapa diantaranya menyediakan beasiswa untuk mahasiswa berprestasi. ITB menghargai mahasiswa yang berusaha keras dalam belajar karena itu ITB berusaha menolong setiap mahasiswa yang membutuhkan bantuan dana melalui informasi mengenai beasiswa yang telah didapat ITB agar mahasiswa tersebut dapat fokus dalam belajar.

Tidak hanya beasiswa, ITB juga menjaga hubungan baik dengan alumni mahasiswa ITB. Hubungan ini dapat membantu mahsiswa yang masih calon sarjana untuk mengadakan konseling dengan para alumni dan untuk mendapatkan pengalaman mereka di dunia kerja.

Selain bantuan yang diberikan ITB, ITB juga mempunyai program pertukaran pelajar. Program ini dimaksudkan untuk memberi kesempatan bagi mahasiswa yang berkeinginan untuk belajar dikelas internasional.

 

Beasiswa

Lembaga Kemahasiswaan ITB

ITB menyediakan beasiswa yang informasi mengenai beasiswa tersebut telah diatur oleh Lembaga Kemahasiswaan ITB (LK-ITB). Lembaga ini bertujuan untuk membantu para mahasiswa agar lebih mudah untuk mendapatkan beasiswa, khususnya yang memerlukan informasi mengenai perihal mengenai penyedia beasiswa tersebut. Informasi tersebut dapat diakses melalui halaman LK-ITB.

 

IOM-ITB

IOM-ITB merupakan organisasi sosial dengan kepanjangan Ikatan Orang tua Mahasiswa yang didirikan dengan tujuan untuk membantu mahasiswa ITB. Latar belakang pendirian organisasi ini didirikan untuk membantu mengatasi kendala finansial yang dihadapi mahasiswa ITB. IOM-ITB merupakan organisasi diluar struktur ITB. Karena itu, organisasi IOM melakukan kerjasama sinergis secara proposional menangani hal-hal yang berkaitan dengan berkemahasiswaan. Informasi mengenai IOM-ITB dapat diakses di halaman IOM-ITB.

 

DIKTI

DIKTI merupakan beasiswa pendidikan tinggi yang diberikan pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan tinggi  di Indonesia dengan memberikan beasiswa bagi para dosen, calon dosen, dan tenaga kependidikan di lingkungan kemristekdikti untuk menempuh pendidikan pascasarjana baik diluar maupun dalam negeri. Informasi mengenai beasiswa DIKTI dapat diakses melalui halaman beasiswa DIKTI.

 

GLOBAL E3

Program GLOBAL E3 adalah program pertukaran pelajar untuk mahasiswa teknik sarjana agar dapat belajar di luar negeri dan melakukan magang di seluruh dunia, sambil terus membayar uang kuliah di rumah. Dengan anggota yang berasal lebih dari 20 negara, mahasiswa di lembaga GLOBAL E3 dapat memilih untuk belajar di luar negeri selama satu semester atau satu tahun akademik. Program GLOBAL E3 memiliki kuota 250-300 setiap tahunnya. Informasi mengenai Global E3 dapat diakses melalui halaman GLOBAL E3.

 

Magang dan Pertukaran Pelajar

Institut Teknologi Bandung (ITB) menawarkan program pertukaran pelajar, yang ditujukan untuk siswa dari lembaga mitra yang telah menyelesaikan perjanjian pertukaran akademik dan nota kesepahaman mengenai pertukaran pelajar. Jika Anda adalah mahasiswa dari salah satu lembaga mitra ITB yang ingin melanjutkan pertukaran di ITB, setelah memastikan bahwa universitas Anda saat ini bermitra dengan ITB, Anda harus menyiapkan dokumen yang diperlukan dan menyerahkannya melalui Direktorat Manajemen dan Pendidikan Pendaftaran ITB Kerja sama.

 

 

Hubungan Alumni

Para alumni sarjana Teknik Industri dan Manajemen Rekayasa masih dapat terlibat aktif dalam kegiatan kampus dengan mendukung program penempatan karir, kegiatan reuni, penggalangan dana, kegiatan reuni, dan kegiatan lainnya. Para alumni adalah bagian penting dari komunitas, dan kami berharap para alumni akan tetap terhubung di manapun kehidupan membawa. Kami menghargai hubungan para alumni dengan kami.

  1.  Donasi. Selain itu, para alumni juga dapat berpartisipasi dalam kegiatan penggalangan dana untuk membantu mahasiswa yang membutuhkan bantuan dana dan juga untuk dana pengembangan program studi. Donasi dapat disampaikan dengan melakukan transfer ke no rekening berikut ini, dan melakukan konfirmasi donasi dengan menghubungi koordinator hubungan alumni.
    • Bank                    : Bank Negara Indonesia
    • Nomor Rekening : 0795204678
    • Nama rekening    : Lembaga Teknik dan Manajemen Industri
  2. Kesempatan Kerja Praktik dan Tugas Akhir. Alumni juga dapat berkontribusi membantu mahasiswa-mahasiswa TI-MRI dengan cara menyediakan kesempatan kerja praktik dan tugas akhir. Apabila Anda memiliki kesempatan tersebut, silahkan isi form berikut ini.
  3. Database Alumni. Untuk terus terhubung, kami harap alumni bersedia untuk mengisi database alumni yang dapat diakses pada halaman ini.