Doctoral Program – Industrial Engineering and Management

Sekilas Tentang Program Doktor Teknik dan Manajemen Industri

Kegiatan akademik program doktoral meliputi penelitian dan kuliah yang mengantarkan mahasiswa ke bidang seni bidang penelitian yang diinginkan. Kegiatan akademik juga menyediakan berbagai konsep dasar bidang penelitian mereka dan memberikan berbagai wawasan yang harus dimiliki oleh seorang doktor.

Struktur kurikulum di Program Doktor Teknik dan Manajemen Industri terdiri dari kuliah, persiapan proposal penelitian, dan penelitian dan penulisan disertasi. Kuliah dengan kurikulum non-terstruktur membimbing siswa lebih ke perkembangan ilmiah terbaru di bidangnya, yaitu Kuliah Topik Teknik dan Manajemen Industri Lanjutan. Kuliah Topik Teknik dan Manajemen Industri Tingkat Lanjut dikoordinasikan oleh profesor atau dosen senior di laboratorium / kelompok penelitian terkait untuk memastikan bahwa topik penelitian siswa terkini.

Evaluasi dengan ujian kursus diadakan dengan konsep pendekatan yang berpusat pada siswa di mana implementasi dirancang sedekat mungkin dengan kebutuhan dan kemampuan siswa. Hal ini memungkinkan interaksi positif antara unsur-unsur pendidikan seperti mahasiswa, dosen, fasilitas, dan program studi dengan harapan menumbuhkan suasana belajar yang kondusif sehingga dosen dan mahasiswa dapat didorong untuk terus berkembang dan menjadi kreatif.

Di Program Doktoral Teknik dan Manajemen Industri, ujian ini, yang disebut ujian kualifikasi, disusun sebagai program terpisah, dengan kode kursus TI7090. Kursus ini adalah ujian seminar terbuka untuk menentukan apakah siswa memenuhi syarat untuk menjadi kandidat doktor. Ujian Kualifikasi ini bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan akademik pada semester pertama. Para siswa dapat mengikuti ujian kualifikasi dua kali dan harus lulus dalam waktu selambat-lambatnya 2 tahun setelah siswa diterima di Program Doktor TMI ITB.

Untuk keperluan ujian ini, siswa diwajibkan untuk menulis proposal awal (pra-proposal) selama satu semester, yang kemudian akan disajikan dalam ujian kualifikasi. Proposal awal harus berisi:

  1. Latar belakang masalah penelitian
  2. Rumusan awal masalah penelitian
  3. Tujuan dan hasil penelitian yang diharapkan
  4. Deskripsi awal posisi penelitian (studi literatur awal)

Proposal Awal ini ditulis oleh siswa dalam satu semester dengan bimbingan dari minimal 1 pengawas yang kemudian akan menjadi pengawas utama siswa. Dalam beberapa keadaan tertentu pengawas dapat dibantu oleh asisten pengawas.

Perkembangan Program Doktor Teknik Manajemen Rekayasa Industri
PeriodePerkembangan
1993Program Doktor Teknik Manajemen Rekayasa Industri dibuat untuk penelitian lebih lanjut dibidang Teknik Industri

Masih ada yang ingin ditanyakan?

Lihat ini!