Program Sarjana Teknik Industri

Sekilas Tentang Program Sarjana Teknik Industri

Seorang teknik industri adalah seorang yang berhadapan dengan sistem. Mereka mempunyai kemampuan untuk merancang, mengimplementasi, maupun meningkatkan sebuah sistem terintegrasi yang terdiri dari manusia, mesin, material, informasi, atau energi. Seorang teknik industri dapat menemukan cara yang lebih baik dalam hal apapun.

Kata kunci teknik industri adalah produktifitas, efektivitas, dan efisiensi.

Karir yang dapat ditempuh seorang mahasiswa teknik industri setelah lulus adalah production engineers, supply chain managers, operation analysts, quality engineers, dan information system analysts. Bidang yang digeluti juga sangat luas, segala macam bisnis, perusahaan, maupun pemerintahan yang menginginkan peningkatan kinerja dan mengurangi biaya membutuhkan seorang teknik industri. Selain itu juga, banyak lulusan teknik industri yang membuat usaha sendiri maupun masuk ke dalam konsultan.

Teknik industri merupakan program studi yang menantang, berkualitas dan penuh peluang. Tidak ada tempat yang tidak akan dapat kamu tuju dengan menjadi sarjana teknik industri.

Perkembangan Program Teknik Industri - ITB
PeriodePerkembangan
1973-1979Pada awalnya pendidikan teknik industri telah diarahkan pada sistem produksi. Pada masa ini area yang dipelajari telah diperluas mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan pendekatan sistemik
1979-1982Inti dari Teknik industri kemudian ditambahkan kelimuan manajemen kedalam kurikulum.
1982-1987Sistem manufaktur kemudian diperkenalkan sebagai perancangan terintegrasi model dikurikulum.
1987-1993Kelas pilihan kemudian dibagi jadi 7 bagian: (i) Sistem Produksi, (ii) Ergonomi, (iii) Sistem Perancangan dan Optimasi, (iv) Manajemen Industri, (v) Tekno-Ekonomi,(vi) Pengembangan Strategi Industri, dan (vii) Transportasi dan Distribusi.
1993-1998Pendidikan teknik industri difokuskan pada: Sistem Manufaktur dan (ii) Manajemen Industri
1998-2003Pendidikan Teknik Industri difokuskan pada pengembangan kompetensi untuk merekayasa sistem terintegrasi
2003-2008Sarjana, Master, dan Doktor program terintegrasi merupakan satu aliran linear. Pengembangan kurikulum berdasarkan pada permintaan keprofesian dan pengembangan pengetahuan Teknik Industri,
2008-2013Tambahan kurikulum pada 2003-2008. Kriteria ABET diterapkan sebagai referensi kurikulum pengembangan. Laboratorium experimen di kurikulum kemudian ditingkatkan lebih jauh dan diintegrasikan
2013-2018Gedung utama dari TI-ITB direnovasi untuk meningkatkan kegiatan akademik. gedung jadi lebih besar sehingga tersedia terakomodasikan kelas kosong untuk kegiatan akademik dan juga fasilitas lain seperti laboratorium dan aula.

Masih ada yang ingin ditanyakan?

Lihat ini!